Skip to content

Sering Salah Kaprah, Ini Tata Cara Mengatasi Jerawat yang Benar

cara mengatasi jerawat yang benar

Jerawat adalah masalah kulit paling umum yang pasti pernah dihadapi oleh semua orang. Selain mengganggu penampilan, sayangnya jerawat juga berisiko meninggalkan bekas yang sulit hilang bahkan memicu munculnya masalah lain yang lebih parah.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah serupa pada artikel ini kami bagikan tips dan tata cara mengatasi jerawat yang benar. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Atasi jerawat sesegera mungkin sebelum meradang dan muncul masalah lain

Serum merupakan salah satu jenis skincare yang dibuat khusus dengan kandungan konsentrat tinggi untuk mengatasi masalah jerawat. Akan tetapi, durasi dari hilangnya jerawat sendiri tergantung dengan kondisi seberapa parahnya peradangan yang ada pada jerawat tersebut. 

Oleh karena itu, atasilah jerawat sesegera mungkin sebelum muncul masalah lain yang lebih merugikan. Sebab, kalau kondisi jerawat termasuk dalam kategori yang cukup parah maka waktu untuk sembuh akan terbilang lama. 

2. Gunakan produk pembasmi jerawat yang mengandung tea tree dan centella asiatica

Lalu, salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat adalah meredam reaksi peradangan dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung tea tree dan centella asiatica. Pasalnya, kedua kandungan ini bersifat saling menyeimbangkan sehingga pascapemakaian produk kulit gak akan kering dan iritasi. 

Baca Juga :

3. Jangan gunakan obat jerawat terlalu tebal

Masih banyak orang yang salah kaprah dengan memakai produk jerawat dengan jumlah yang terlalu banyak.

Biasanya orang yang sudah frustrasi bakal memakai obatnya tebal-tebal. Padahal, memakai obat terlalu bayak dan terlalu tebal, gak sesuai waktu dan gak sesuai takaran itu justru bisa memperparah kondisi jerawat. Jadi pakailah secukupnya saja.

4. Selain dengan obat, hindari pula penyebab serta hal yang bisa memicu munculnya jerawat

Untuk bisa mengatasi masalah jerawat tentunya kita juga harus mengetahui penyebab ataupun pemicu dari jerawat itu sendiri.

Penyebab jerawat ada empat faktor, yaitu produksi minyak yang berlebihan, adanya timbunan sel-sel keratin yang berlebihan dan menumpuk (sel kulit mati yang menumpuk, cikal bakal komedo, cikal bakal jerawat yang paling ringan dan belum meradang), komedo yang gak teratasi muncul reaksi meradang, dan koloni jerawat yang bernanah.

Dan yang harus Kamu pahami juga, pemicu jerawat itu berbeda dengan penyebab. Ada berbagai macam pemicu yang harus dihindari, seperti gaya hidup dan pola makan yang buruk. 

 188 total views,  1 views today