Skip to content

Mengetahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

cara menghilangkan jerawat di punggung

Jerawat yang muncul di punggung memang tidak mengganggu penampilan karena tertutup oleh pakaian dan tidak pula mengganggu karena tidak menimbulkan rasa sakit maupun nyeri. Namun cara menghilangkan jerawat di punggung tetap harus diketahui utamanya oleh kaum laki-laki yang sering berolahraga atau melakukan aktifitas dengan bertelanjang dada.

Pada dasarnya jerawat di punggung sama dengan jerawat yang menempel pada kulit wajah. Jadi yang membedakannya hanya tempat tumbuhnya jerawat. Karena itu, penyebabnya pun sama, begitu juga dengan cara menghilangkan jerawat di punggung yang membandel tidak jauh berbeda dengan cara menghilangkan jerawat di wajah.

Penyebab Jerawat di Punggung

penyebab jerawat di punggung

Penyebab munculnya jerawat di punggung sebagaimana dikutip dari GoodDoctor, adalah tersumbatnya pori-pori oleh tumpukan sel-sel kulit mati. Perlu diketahui bahwa tubuh manusia melalui kelenjar yang ada memproduksi minyak yang dinamakan selbum. Fungsi selbum adalah menggerakkan folikel rambut untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit.

Persoalannya, pada kondisi tertentu selbum dapat menjadi persoalan bagi kulit, yaitu pada saat sel-sel kulit yang mati larut bersama selbum dan menyumbat pori-pori kulit. Kondisi tersebut menyebabkan dinding folikel rambut membengkak. Pembengkakan itulah yang kemudian dinamakan jerawat.

Jerawat tersebut kondisinya bisa menjadi parah dengan membengkak atau terjadi peradangan jika sumbatan pada pori-pori kulit terpapar oleh bakteri Propionibacterium acnes yang memang menyukai lingkungan lembab untuk berkembang biak.

Selain disebabkan oleh faktor alami berupa penyumbatan pori-pori oleh selbum dan sel-sel kulit mati, penyebab lainnya yang membuat punggung dihiasi jerawat adalah faktor genetik, penggunaan obat-obatan tertentu, mengenakan pakaian terlalu ketat serta stress.

Baca Juga :

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

cara mengatasi jerawat di punggung

Cara menyembuhkan jerawat di punggung sebenarnya tidak sulit, karena semua produk atau obat jerawat termasuk yang tidak menggunakan resep dokter, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat di punggung.

Salah satu diantaranya adalah sabun untuk menghilangkan jerawat di punggung yang menggunakan bahan benzoil peroksida. Bahan ini terbukti efektif untuk menyembuhkan jerawat di punggung serta mengurangi tingkat keparahannya.

Penggunaan sabun pembersih ini cukup mudah, yaitu dengan mengusapkan pada panggung kemudian mendiamkannya sekitar 2-5 menit, baru kemudian dibilas. Dengan mendiamkannya sebentar, bahan aktif benzoil peroksida akan masuk dan meresap serta mengatasi permasalahan kulit.

Jika dengan sabun pembersih ternyata belum dapat mengatasi jerawat di punggung, gunakan obat oles yang mengandung antibiotik sebanyak 1-2 kali sehari atau dengan meminum obat sesuai dengan resep dokter.

Obat untuk mengatasi jerawat di punggung yang diminum pada umumnya mengandung antibiotik dan isotretinoin (accutane). Obat ini memang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis jerawat yang membandel, namun memiliki efek samping yang berdampak negatif pada ibu hamil, karena dapat menimbulkan cacat lahir pada janin yang dikandung.

Mencegah Jerawat di Punggung

cara mencegah jerawat di punggung

Setelah jerawat di punggung berhasil diatasi, jangan menganggap persoalan jerawat tersebut telah selesai. Karena jika tidak dilakukan upaya pencegahan, maka jerawat tersebut akan kembali menyerang.

Untuk mencegah agar jerawat di punggung tidak kembali menyerang, usahakan untuk senantiasa mengenakan pakaian longgar guna mencegah kotoran dan keringat terjebak dan masuk ke dalam pori-pori kulit.

Rambut yang panjang hingga ke punggung juga berisiko meningkatkan terbentuknya jerawat punggung, karena minyak dan kotoran pada rambut dapat menempel pada kulit punggung dan menyumbat pori-pori. Itu sebabnya jika memiliki rambut panjang usahakan untuk rutin keramas dan mengikat rambut saat beraktifitas.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah dengan senantiasa membersihkan diri setiap kali selesai beraktifitas, karena derasnya keringat yang keluar usai beraktifitas meningkatkan risiko terjadinya penumpukan folikel dan menyumbatan pori-pori yang menjadi penyebab jerawat di punggung.

Demikian penjelasan singkat tentang penyebab dan cara menghilangkan jerawat di punggung sekaligus pencegahannya. (*)

 493 total views,  1 views today

Tags: