Skip to content

Kenali Perbedaan 2 Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya

cara menghilangkan bekas jerawat

Munculnya bekas jerawat bisa sangat mengganggu penampilan. Saat bekas jerawat muncul, tak jarang kita langsung memakai berbagai macam skincare untuk menghilangkannya. 

Tetapi, tahukah Kamu kalau ada dua jenis bekas jerawat yang berbeda? Jenis bekas jerawat tersebut tentunya memiliki penanganan yang berbeda pula untuk mengatasinya.

Dua jenis bekas jerawat tersebut yaitu post-inflammatory erythema (PIE) dan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). Keduanya memiliki ciri-ciri seperti warna, gejala, dan penyebab yang sangat berbeda sehingga cara mengatasinya pun berbeda.

Agar kamu bisa mengatasi masalah bekas jerawat yang Kamu derita, berikut ini perbedaan dan cara mengatasi dua jenis bekas jerawat tersebut: 

Warna

Post-inflammatory erythema (PIE) merupakan bekas jerawat dengan bercak merah, merah muda, atau ungu.

PIE ini terjadi pada mereka yang memiliki warna kulit lebih terang seperti kulit tipe I, II, dan III pada skala kulit Fitzpatrick.

Sedangkan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) merupakan bekas jerawat yang meninggalkan bekas noda kecoklatan dan kehitaman. Bekas jerawat jenis ini terjadi pada mereka yang memiliki kulit lebih gelap seperti kulit tipe IV, V, dan VI.

Dan perlu Kamu tahu juga, jika PIE dan PIH bisa terjadi bisa terjadi secara bersamaan pada banyak jenis kulit.

Penyebab

Bekas jerawat PIE disebabkan oleh pelebaran, pembengkakan, atau kerusakan pada pembuluh darah kecil yang disebut kapiler di bawah kulit. Selain kerusakan kapiler, PIE juga bisa disebabkan dari jerawat kistik.

Meski begitu, beberapa kondisi kulit inflamasi seperti dermatitis dan paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan PIE.

Berbeda dengan bekas jerawat PIE, bekas jerawat PIH hanya disebabkan oleh produksi melanin berlebih pada kulit.  

Baca Juga :

Gejala

PIE biasanya menyerupai bintik jerawat dan tidak terlihat seperti komedo atau komedo putih. Berwarna merah, merah muda, atau ungu, PIE bisa muncul dalam kelompok atau sebagai titik tunggal pada kulit.

Perlu Kamu ketahui kalau PIE bisa bertahan hingga 6 bulan untuk hilang dengan sendirinya, meskipun bisa juga hilang lebih cepat dalam beberapa minggu.

Untuk bekas jerawat PIH, biasanya berwarna coklat dan kehitaman. PIH ini bertahan lebih lama dari PIE, bahkan bisa sampai 6 bulan lebih. 

Cara mengatasi bekas jerawat PIE dan PIH

Kamu bisa mengatasi bekas jerawat PIE dan PIH dengan menggunakan produk perawatan kulit penghilang bekas jerawat seperti Hidrokortison atau produk yang memiliki kandungan Vitamin C dan Niacinamide.

Selain itu, untuk beberapa kasus tertentu bekas jerawat PIE bisa diatasi dengan perawatan medis berupa perawatan laser dan microneedling. 

Jika bekas jerawat tetap membandel, Kamu sebaiknaya berkonsultasi dengan ahli seperti dokter kulit, ya.

 245 total views,  1 views today