Skip to content

Jangan Dilakukan! Inilah 7 Kesalahan Pengobatan Jerawat

Pengobatan jerawat memang sedikit tricky untuk dilakukan. Tapi, dari semua jenis pengobatan yang mungkin sudah Anda lakukan tapi sampai sekarang jerawat yang ada di wajahmu belum hilang juga, mungkin kami salah dalam melakukan pengobatan.

Dan kesalahan dalam pengobatan jerawat ini sebenarnya hal yang umum kok. Di artikel kali ini, Kami akan memberitahu tenyang 8 kesalahan dalam pengobatan jerawat. Setalah baca ini, jangan diulangi lagi ya agar jerawatmu cepat sembuh.

1. Durasi Pengobatan Terlalu Singkat

Biasanya, Kulit bereaksi lambat terhadap pengobatan.

Walaupun jerawat cepat timbul, dibutuhkan waktu setidaknya 6-12 minggu bagi kulit untuk sembuh. Jadi sebaiknya kamu menggunakan obat jerawat setidaknya selama 1 bulan sebelum kembali menggantinya.

Beberapa pengobatan bahkan mengakibatkan iritasi pada kulit anda selama beberapa minggu. Hal ini disebabkan oleh proses inflamasi dan bukan infeksi. Kadang gejala terlihat memburuk sebelum mulai membaik.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Obat di Saat Bersamaan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, normalnya pengobatan jerawat ini memang butuh waktu yang cukup alam.

Biasanya, banyak orang yang tidak sabar menunggu satu obat untuk menunjukkan efeknya, kemudian memutuskan untuk menggunakan obat lainnya, dan begitu seterusnya. Ternyata, hal ini justru dapat memperburuk keadaan kulit kamu loh.

3. Terlalu Banyak Membersihkan Kulit

Perlu kami ketahui bahwa jerawat bukan disebabkan oleh kotoran. Jadi, jangan keseringan membersihkan wajah saat kamu sedang berjerawat. Scrub yang biasanya ada didalam facewash justru dapat menambah iritasi pada kulit anda. Membersihkan wajah secara berlebihan juga dapat mengiritasi kulit wajah anda.

Kalau mau membersihkan wajah, idealnya lakukan dua kali sehari.

4. Memencet Jerawat

Banyak orang yang punya jerawat di wajah sering merasa gemas dan ingin memecet jerawat tersebut.

Kamu harus tahu, memencet jerawat dapat memperpanjang waktu penyembuhan dan meningkatkan resiko pembentukan jaringan parut. Kuman dapat masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan kulit lebih membengkak dan merah.

5. Terlambat Berobat

Jangan terlambat mengobati jerawat karena hal ini akan mempersulit jerawat untuk sembuh. Terlebih lagi jika kamu sudah coba obat sana-sini dan ternyata tidak cocok atau justru memperparah kondisi jerawat yang kamu miliki.

Segera cari obat yang efektif untuk jerawat kamu ya.

6. Dosis Obat Tidak Sesuai

Menggunakan obat jerawat secara berlebihan atau justru lebih sedikit daripada dosis yang disarankan dapat memperburuk keadaan jerawatmu loh.

Saat kamu menggunakan obat jerawat secara berlebihan, hal ini dapat membuat kulit semakin kering dan merah.

Kamu juga sebaiknya jangan menggunakan obat jerawat hanya pada jerawatnya saja, gunakanlah juga pada kulit atau area lain tempat jerawat sering tumbuh untuk mencegah tumbuhnya jerawat lain.

7. Berhenti Berobat Setelah Jerawat Sembuh

Kamu juga sebaiknya jangan langsung menghentikan penggunaan obat jerawat setelah jerawat anda sembuh. Turunkanlah dosis obat secara perlahan, dengan demikian jerawat tidak akan segera kembali tumbuh. Beberapa orang bahkan membutuhkan pemakaian obat terus-menerus. Konsultasikanlah hal ini dengan dokter anda.

 674 total views,  2 views today