Skip to content

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam yang Membandel

cara menghilangkan bekas jerawat

Jengkel dengan noda hitam bekas jerawat yang sudah banget hilangnya ? Gak usah khawatir, karena ada cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bahan alami.

Jerawat ini sendiri terjadi ketika tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Setiap hormon akan menyebabkan kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya sehingga pori menjadi tersumbat dan bakteri pun menjadi mudah tumbuh. Bakteri inilah yang kemudian akan mempermudah jerawat tumbuh di wajah dan terkadang bekasnya sulit dihilangkan.

Jerawat mungkin bisa saja sembuh dengan cepat namun terkadang akan meninggalkan bekas hitam pada kulit wajah. Dan justru bekas jerawat ini menjadi hal yang lebih sulit dan lama untuk ditangani.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan diawal, untuk menghilangkan bekas jerawat yang hitam kamu bisa menggunakan beberapa cara alami berikut ini, yakni:

1. Lidah buaya

Cara alami menghilangkan bekas jerawat pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan lidah buaya. Metode ini penghilang bekas jerawat alami yang cukup populer.

Lidah buaya dikenal sebagai anti-inflamasi dan memiliki sifat antibakteri sehingga menjadikan tanaman ini menjadi bahan yang hebat dalam perawatan bekas luka jerawat. Bintik-bintik hitam dari jerawat inipun bisa menghilang jika perawatan kulit dengan lidah buaya rutin dilakukan.

Bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya adalah lidah buaya yang diambil gelnya dan kemudian oleskan pada bekas luka. Cara pembuatannya cukup campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dengan 2 hingga 3 tetes minyak esensial tea tree.

Sedangkan caranya adalah dengan memijat wajah dengan lembut dan diamkan seperti memakai masker untuk menghilangkan bekas jerawat, selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Gunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari guna mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga :

2. Air sari lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang berfungsi sebagai pemutih dan bisa meringankan segala jenis bekas luka pada kulit. Selain itu, lemon juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati, mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan lemon pun sangat mudah dan aman. Cukupkan oleskan air sari lemon segar langsung ke bekas jerawar menggunakan ujung jari atau cotton bud. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih dan ulangi 1-2 kali dalam sehari.

Lemon juga bisa ditambahkan dengan madu dan gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya pada bekas jerawat sebagai masker. Diamkan kapas pada wajah selama 10 hingga 15 menit dan cuci bersih dengan air mengalir.

3. Cuka sari apel

Asam cuka sari apel juga memiliki cukup banyak manfaat, dan salah satunya adalah sebagai penghilang bekas jerawat dengan membantu meringankan pigmentasi di kulit.

Cuka sari apel juga mampu merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel, dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga bisa menjadi pilihan obat penghilang bekas jerawat alami.

Penggunaannya juga cukup mudah, yakni dengan mengoleskan cuka apel bekas luka jerawat kemudian biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.  Cuka sari apel juga bisa ditambahkan dengan 2 sendok makan madu untuk membantu menghilangkan bekas luka hitam. Aplikasikan bola kapas yang sudah dicelup kedua bahan tersebut sebagai masker untuk bekas jerawat dan biarkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas. 

 224 total views,  1 views today